isi halaman PLANING WAJIB YANG TERLUPAKAN - ANAK ABAH

PLANING WAJIB YANG TERLUPAKAN


Assalaamu'alaykum sob, sehat selalu yee

kita semua pasti punya sesuatu untuk dicapai yang sebagian orang menyebut impian masa depan yang cemerlang, secemerlang matahari menyinari semua perasaan cinta, tapi mengapa hanya aku yang dimarahi. #eheh

lanjut sob. .

oke kita lanjut.

setelah kita nostalgia dengan opening sinchan yang merupakan kartun favorit zaman 90 an. tentu kita juga akan mengingat kenangan masa lalu yang begitu indah dan ada manis-manisnya gitu.

memang namanya manusia tempatnya lupa dan ingat jika diingatkan.
jamaa ah, betul tidak ?

begitu juga impian yang akan kita capai. terkadang kita melupakannya begitu saja karna banyak sekali impian yang kita inginkan, tiap menit ada saja keinginan kita.

tapi, tidak sedikit pula orang yang mencatat impian yang akan dia capai dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

contonya, mau beli rumah, mobil, nikah, punya anak dan terus sampe beli gorangan juga akan menjadi inpian terindah bagi anak kos akhir bulan.

nah, dari semua penjelasan ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat planing kita yang tidak akan membuat kita pusing dan akan membebaskan kita dari sifat menjepit.

Pertama, buat planing untuk bayar hutang.


hutang itu sakral loh sob, sakral nya itu sampai ditundanya kita masuk dalam surga. lah kita mah apa atu di vandingin para syuhada (orang yg mati syahid). mereka kalau syahid dan masih punya hutang lah di tunda dulu masuknya.

menghutang memang dibolehkan sob, tapi ingat kita juga wajib mengantinya saat kita sedang lapang. terutama saat awal bulan terkadang kita terlalu terlena dengan kebutuhan yang tidak perlu-perlu amat.

beli ini-itu, kesana-sini tapi kita lupa kalau kita lupa dengan hutang kita keteman kita. terus dia liat postingan kita sedang jelong-jelong dan makan enak padahal yang memberi hutang sedang sulit, kan jadi dosa.

makanya saya menyarankan buat sobat untuk segera melunasi hutang. karna dengan melunasi hutang hidup kita pun akan tentram.

Nah, untuk kalian yang terpaksa untuk berhutang maka sobat harus mencantumkan planing ini pada urutan pertama yah.

Planing kedua adalah, menyisihkan sisa uang kebutuhan yang urgen kita dan setelah membayar hutang tentunya untuk ditabung untuk masa depan atau kebutuhan kelak yang sangat mendesak.

Sobat pasti tau kan betapa pentingnya menabung. Kalau belum bisa menabung banyak sobat bisa menabung dengan cara yang sering saya lakukan.



Bisa sobat baca : dimulai dari yang terkecil

10 comments:

  1. Opening nya malah curhat 😀. Wah ini mah planning nyelekit namanya, hahaha..

    Tiap bulan selalu planning mas buat bayar hutang, karena wajib

    ReplyDelete
    Replies
    1. planing yang sering kita lupakan ya bang, tapi ini benar-benar akan membuat kita tenang loh. .

      selamat mencoba

      Delete
  2. Kwkwkkw hutang emang sering dilupain yak. Kwkwk sesuatu yang terlihat sepele (karena jumlah kecil), namun bisa menghambat kita bahkan mengancam kita untuk masuk ke neraka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bang, semoga Alloh mudahkan kita untuk membayar hutang ya bang.
      walaupun cuma serebu . .

      Delete
  3. saya biasanya koleksi uang receh, dan alhamdulillah udah numpuk 2 kaleng tuh recehan. gak tahu jumlahnya berapa soalnya belum dihitungin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending di hitung bang, terus beli emas batangan buat lamar si eneng *cihuii lah . . jadi nih saya dapet undangan . . (biar jadi headline transTV gitu yang judulnya "Mas Bimo Aji, Menukat recehan dengan emas buat mahar" mantabz

      Delete
  4. alhamdulillah aku selalu bikin planning list gitu mas supaya gak lupa, bener sih kalo punya hutang biar gak lupa harus dijadikan planning pembayaran wajib

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sama dong mba,
      saya selalu menjadikan planing dan di tempel.

      jadi kalau saya udah ngak ada nanti ada yang bayarin #eh

      Delete
  5. alkhamdulillah kalau masalah hutang (khususnya hutang uang), saya insyaallah menghindari dan semoga jangan sampai terkena ini hehe...

    nah, planning yang kedua yang masih agak susah bang. sering niat buat nabung, e tau-tau juga kepakai buat hal-hal sepele yang aslinya juga ngga penting-penting banget, ckck

    ReplyDelete
  6. Urusan hutang ini sensitif banget ya. Dan hukumnya wajib dibayar walau kita terlilit dan miskin sekalipun. makanya lebih baik menghndar untuk ngutang dan kalau mau ngutangin juga harus mempertimbangkan juga, orang yang dihutangi agaknya susah gak ngebayarnya, beban gak?

    ReplyDelete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.