isi halaman MAU AWET MUDA, TIPS MUDAH DAN MENARIK - ANAK ABAH

MAU AWET MUDA, TIPS MUDAH DAN MENARIK



Paling menakutkan bagi sebagian perempuan ketika mereka menemukan tanda-tanda penuaan, ya bila kita masih diusia muda/produktif kita masih akan mengabaikannya kan sob.

Namun lihat apa yg akan kita alami saat terjadi proses penuaan itu dimulai hmm kulit sdh mengeriput lagi kusam, otot tak sekencang dulu, dan senyum anda akan berbekas karena garis kerutan yang semakin nampak. Ya kita semua akan mengalaminya itu memang sunnatulloh (ketentuan).

Namun tak sedikit juga orang yg masih terlihat jauh lebih muda dari usia ataupun terlihat tak nampak dengan usianya. WOW, pasti kita semua iri dibuatnya fitrah manusia ingin terlihat baik.

Nah, untuk itu anakabah akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana mempertahankan kesegaran tubuh agar nampak selalu segar dan muda dari usia kita sendiri, meskipun hal ini akan terasa berat bagi jiwa yg lemah dan akan terasa ringan utk dilakukan bagi jiwa yg kuat.

Tapi, saya tekankan bahwa tidak ada saran untuk mengenakan susuk (jimat) awet muda dari dukun ya sob!.


Berpikir positif dapat membuatmu lebih tenang. Pikiran yang positif adalah kunci utama untuk tetap awet muda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kentucky menemukan bahwa kondisi emosi positif seseorang pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia.

Mulailah untuk mengurangi emosi negatif dan perbanyak berpikir positif. Karena pikiran yang positif dapat membuat otak kita tidak tertekan sehingga kita akan menjadi lebih tenang.

Dari Abu Hurairah ra, Rasululloh shollallohu alaihi was sallam bersabda, Alloh berfirman:

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى

Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih).

semoga kita semua bisa berpikir positif dlm segala situasi, dan ini memang sudah kewajiban muslim untuk mengamalkannya.


Stress berpengaruh besar terhadap penuaan, saya pun mengalaminya (siapa yg tdk pernah). Sebagian besar stress disebabkan dari kebiasaan diri sendiri, yang sering disebut dengan pola pikir reflektif.

Bentuknya seperti mengkhawatirkan tentang masa depan dan menyesali masa lalu. Sebenarnya, pola pikir ini sangatlah tidak berguna. Apabila pola pikir ini mendominasi dan menguasai emosi kita, maka kita akan mengalami kondisi stress.

Sam Harris, dalam bukunya yang berjudul "Waking Up", menulis bahwa hal yang dapat kita lakukan untuk mengelola stress adalah dengan membebaskan diri kita dari pola pikir yang merusak dan berlatih untuk berpikir secara sederhana. Yaa... sederhana saja tawakkaltu allalloh seorang muslim pasti faham akan hal ini.

Salah satunya caranya adalah berlatih untuk membedakan pikiran dan kekhawatiran yg merupakan was-was (bisikan/ke khawatiran) dari syaithon. Perbedaannya memang sangat tipis, namun efeknya sangat kuat.

Disini kita akan sadar tentang hal-hal yang kita pikirkan, yang sebenarnya bukanlah sebuah realita, melainkan pikiran yang kita buat sendiri. Berdasarkan pengalaman pribadi semoga antum bisa mencobanya.


Jaga kesehatanmu dengan berolahraga secara teratur.
Kondisi kesehatan yang buruk merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan.

James M. Rippe, M.D seorang cardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute memaparkan bahwa lansia yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. 

Cobalah untuk berolahraga secara teratur agar kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. saya selalu melungkan 30menit berolahraga setiap harinya (didalam rumah tentunya). harus berkeringat ya. Terkadang sesekali jalan atau lari outdoor, namun ini diluar dari 30menit yg rutin/wajib tadi.


Para ilmuwan di St. Louis University menemukan bahwa olahraga dan makan lebih sedikit dapat menurunkan berat badan.

Namun dalam penelitian juga dikatakan bahwa mengurangi kalori juga akan menurunkan produksi T3, hormon tiroid yang dapat memperlambat metabolisme. Para peneliti percaya bahwa kadar T3 rendah juga dapat memperlambat proses penuaan. Jadi mulai bentuk kebiasaan makan sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang.

Ssst... untuk muslim, perbanyaklah puasa sunnah karna non muslim tidak tau ini. namun kita sebagai muslim harus tau ini karna akan membantu kita tetap sehat dan bugar karena kita memberikan waktu istirahat untuk organ bagian dalam sejenak. (namun sebaiknya niat berpuasa karena Alloh azza wa jalla bukan karena alasan lainnya).


Adalah makanan anti penuaan. Hal ini dipaparkan dalam buku yang berjudul "Staying Young":The Owner's Manual for Extending Your Warranty.

Antioksidan memang terbukti dapat mengikat dan menetralkan radikal bebas, menurunkan konsentrasi peroksida, serta memperbaiki kerusakan membran akibat oksidasi.

Selain itu, ada juga yang bekerja sebagai regulator sel dan dapat mempengaruhi metabolisme serta produksi kolagen secara langsung, sehingga dapat menghambat proses penuaan.

Cobalah untuk membiasakan makan makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti kacang-kacangan, buah, sayuran, anggur merah(ini salah satu buah kesukaan Rosululloh shollallohu alaihi was sallam).


Tidurlah yang cukup untuk memberi waktu tubuh memperbaiki sel dan beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkanmu memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun kamu juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

Jaga kualitas tidur dan jangan biarkan otak terlelap dalam keadaan stres, dan juga matikan semua lampu dan sumber cahaya.

Karena istirahat dalam keadaan gelap membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin yang baik bagi pertahanan tubuh dan menjaga sel tubuh dari kerusakan. Tidur lebih cepat dan bangun di awal waktu.


Sentuhan cinta dan kasih sayang dapat melepaskan hormon, termasuk oxytocin, yang akan mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini dikatakan oleh Mehmet Oz, MD, seorang profesor bedah dan wakil ketua jasa kardiovaskular di New York-Presbyterian / Columbia University.

Selain itu, sebuah penelitian oleh Dr. Marian C. Diamond, salah satu ahli anatomi syaraf terkemuka di dunia, melakukan eksperimen menggunakan tikus berusia 600 hari, atau kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia. Pada eksperimen tersebut, ia menempatkan tikus-tikus tersebut di kondisi yang berbeda, yaitu di kandang dan satu lagi dipelihara oleh peneliti. Tujuannya tak lain ialah untuk mengetahui apakah kasih sayang dapat mempengaruhi usia hidup. Hasilnya, tikus yang dipelihara dapat hidup jauh lebih lama dibandingkan dengan tikus yang hidup di kandang.
Maka interaksi kita dengan orang lain, semisal pasangan ,anak-anak kita, sahabat kita merupakan sebagai jalan untuk memupuk cinta dan kasih, sentuhan kasih dan sayang akan menjadikan kita percaya diri dan selalu berpikir positif

Karena kita merasa kehadiran kita berguna bagi orang-orang disekitar kita. Hal ini sudah membuat kita bahagia untuk mengetahuinya maka hormon bahagia ini akan bekerja membuat kita nampak awet muda.😘
wallohu'alam

semoga bermanfa'at

semua bisa karena terbiasa, jadi berusahalah menjadikannya sebuah kebiasaan.


salam Hangat Dari AnakAbah.


No comments

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.