isi halaman SABAR - ANAK ABAH

SABAR

Assalaamu’alaykum sob! Semoga dalam lindungan Alloh yaa
Setiap hari kita menerima dan mendapatkan ujian dari Alloh, terkadang juga kita lupa bahwa nikmat yang Alloh berikan kepada kita lebih banyak dari pada ujian.
Pada hakikatnya, ujian dan nikmat yang Alloh berikan pada kita adalah cobaan. (cobaan sama ujian itu bedanya apa?) maksud saya musibah dan nikmat yang kita dapat hanyalah sebagai penguji keimanan kita. Semakin kuat iman kita semakin kuat juga cobaan yang kita terima.

Nah, cobaan itu tidak hanya berbentuk musibah seperti kesengsaraan, kemiskinan dan kekurangan tapi cobaan juga mencakup nikmat, kekayaan, kemakmuran dan sobat bisa sebutkan sendiri.

Kita bisa mencontoh kisah Nabi Ayyub yang di timpa musibah selama “Delapan Belas Tahun” tidak berupa penyakit yang dideritanya saja. Tapi pada harta yang beliau miliki telah tiada, anak-anaknya meningalkannya, kerabat dekan dan jauh pun meninggalkannya kecuali Istri solehah yang selalu menemaninya sampai beliau disembuhkan oleh Alloh. Sehingga kita bisa mendapatkan pelajaran dari Nabi Ayyub dalam keimanan, keteladanan dan kesabaran yang luar biasa.

Begitu pula ketika Rosulullah berdakwa ke kota Thoif di lempari oleh batu bahkan kotoran onta, sampai para malaikat ingin menjatuhkan dua buah gunung untuk menlenyapkannya. Tapi, Rosulullah bersabar dan mendoakan mereka agar anak keturunannya ada yang beriman pada Alloh dan Rosul-Nya.

Bahkan kita juga harus mengetahui tentang keluarga Yasir yang telah dijanjikan surga oleh Rosulullah ketika mendapatkan siksaan dan kaum Quraisy. Mereka terus bersabar dan tetap dalam keimanan hingga ajal menjemput mereka.


Ketika sebuah kesabaran itu terwujud dan terbentuk dalam kehidupan kita sungguh akan membuat kita gembira akannya.

Ada juga yang bilang bahwa buah kesabaran itu adalah buat yang manis tapi tertutupi duri yang sangat menyeramkan mata, meragukan hati untuk mencoba dan membukanya.


Tapi, sabar itu tidak semudah mengucapkannya. Pelaksanaannya yang begitu besar ditambah dengan bisikan setan membuat kita sulit sekali melakukannya. 

NAH, semoga kita bisa menjadi orang yang sabar ya sob!.
Semoga bermanfaat

11 comments:

  1. Wa'alaikumsalam sob :)
    Betul mengucapkan memang penting tapi yang berat melaksanakannya. Tapi tak ada yang tak mungkin ya, semoga kita semua bisa istiqomah :)

    ReplyDelete
  2. Sabar, sebuah kata yang sudah sangat susah ditemukan akhir-akhir ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab,
      katanya aja susah yaa bang, apalagi merealisasikannya yaa. .

      Delete
  3. masyaallah, susahnya memraktekkan ilmu yang satu ini. apalagi dengan salah satu contoh dari sikap sabar rasulullah yg tetap berbuat baik dg mendoakan para pengganggu beliau saat melakukan dakwah. saya belum bisa se-sabar ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. TERUS BERUSAHA DAN TIDAK MENYERAH SOB WISNU!
      SEMOGA ALLOH ISTIQOMAHKAN KITA DALAM PERJUANGAN

      Delete
  4. Bersabar jika dapet musibah
    bersyukur kalo dapet hadiah


    hadiah lomba muehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah-wah kalau itu wajib atuh bang leon.
      kalah juga harus bersyukur biar ngak gantung diri di pohon kacang hijau

      Delete
  5. aamiin smeoga kita terus dicurahi nikmat kesabaran ya ams sampai akhir hayat salam kenal juga mas abah alhamdulillah matur nuwun suguhannya nikmat bangeet ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama om Angk, salam kenal juga

      Delete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.