isi halaman HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEMILIH JURUSAN - ANAK ABAH

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEMILIH JURUSAN


Assalaamu’alaykum sob, sehat selalu yee

Setiap kita pasti akan mengijak sesuatu hal yang lebih tinggi seperti halnya dalam pendidikan. Mulai dari TK (taman kanak-kanak), SD (sekolah dasar) dan seterusnya.

kali ini saya akan memberikan sesuatu untuk kalian yang sekarang sudah menginjak kelas 3 SMA dan ingin melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi.
Nah, kalau kita akan kuliah tentunya kita harus memilih yang namanya jurusan.

Memilih jurusan bisa saja sangat membingungkan karena banyaknya pilihan. Karena ini adalah keputusan yang sangat penting, yang bisa mempengaruhi karir dan hidup di masa depan kita sob, haruslah dipertimbangkan dengan baik.

Walau demikian, jangan jadikan hal ini sesuatu yang terlalu menekan pikiran kamu. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sewaktu memilih jurusan. Walau mungkin terdengar sepele, cukup penting untuk diingat...


Penting memilih jurusan yang cocok dengan bakat dan minat. Apakah kamu jago matematika? Seorang pendengar yang baik? Seorang yang kreatif? Kenali diri kamu sendiri dan cari tahu apa yang kamu inginkan terlebih dahulu. Sebaiknya tidak memilih jurusan yang diinginkan oleh orang tua, atau sekedar mengikuti teman.

Biasanya kebanyakan dari kita lebih mengikuti teman-teman karna takut tidak punya teman baru di jurusannya.

Selain mengenal diri kita juga kita harus mengetahui prestasi yang telah kita dapatkan sob. misalnya nilai, sertifikat, dan pencapaian lainnya. Jika kamu memilih jurusan kedokteran, tentu saja harus memiliki nilai IPA yang tinggi. Jika memilih jurusan fashion design, berarti kamu perlu mengumpulkan hasil-hasil rancangan yang nantinya dapat disusun menjadi portofolio. Mengumpulkan atau meningkatkan kualifikasi tentunya butuh waktu, oleh karena itu mulailah memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.

Hal ini tidak masalah jika kualifikasi yang diminta telah ada sejak awal. Tetapi bagaimana jika belum? Atau bagaimana jika kualifikasi yang dimiliki belum memenuhi persyaratan yang diminta oleh universitas? Jika mengalami hal ini tidak perlu khawatir. Tidak berarti harus menyerah dan memilih jurusan lain.

Sekarang banyak terdapat program persiapan kuliah, yang mempersiapkan pelajar untuk mengikuti perkuliahan gelar dengan baik. Yaitu dengan mengikuti serangkaian mata pelajaran, baik itu Bahasa Inggris, maupun mata pelajaran yang perlu dikuasai sebelum memasuki perkuliahan gelar tertentu. Jadi, dengan program persiapan kuliah ini, pelajar dapat lebih fokus mengasah dan memperdalam ilmu dan keahlian yang benar-benar dibutuhkan untuk sukses dalam jurusan pilihan mereka.


Ini bisa jadi merupakan faktor yang tidak bisa kamu sangkal. Sebaiknya kamu harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah kalian.

Kamu harus menghitung kira-kira apakah kamu sanggup dengan biaya kuliah di universitas tersebut. Terlebih lagi jika kamu memilih untuk kos, maka biaya hidup di kos tentu harus dipertimbangkan juga. Namun, kamu juga harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang, lalu kamu menutup diri dari minat dan panggilan jiwa kamu terhadap jurusan studi tersebut. Kalian bisa mencari kemungkinan beasiswa dari jurusan yang akan kamu pilih tersebut. Uang dan ilmu, tetaplah lebih penting ilmu!

Mungkin 2 faktor inilah sob yang paling penting bagi yang mau melanjutkan ke universitas. Buat sobat yang mau kuliah tapi masih terkendala dengan hal nomor 2 kalian jangan bersedih ya. Kita perbanyak do’a dan usaha agar semua yang kita impikan dapat dilancarkan oleh Alloh.


2 comments:

  1. suka bikin bingung ini kalau udah mau masuk kuliah
    saya juga fix milih jurusan kuliah dulu pas bener-bener udah kelas 12, kata temen-temen salah jurusan gara-gara anak ipa, tapi masuknya seni rupa XD

    dikampus juga banyak beasiswa, jadi kalau ada alesan "karena minim dana" mungkin bisa lah nyari beasiswa selama kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, bisa lukis dong om wisnu.

      *solusi yang baik untuk mencari beasiswa. tapi terkadang beasiswa yang di berikan tidak bisa mencakup jurusan yang kita mau. gitu kaga sih om ?

      Delete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.