isi halaman LAMA TAK JUMPA - ANAK ABAH

LAMA TAK JUMPA


Assalaamu’alaykum shob! Sehat selalu yee

Siapa yang tidak kenal dengan dirinya. Dia yang akan menjadi saksi untuk kita looh shob di akhirat nanti. Kita juga cuma bisa bertemu setahun sekali dengannya.

Nah, sebaiknya kita menantinya dengan penuh antusias, bertekat menemaninya selama sebulan dengan semangat dan ikhlas dan setelah itu dia pergi kita ikhtiarkan usaha kita.

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara kita agar bisa menemani dan bercengkrama dengannya semaksimal mungkin. Karna tidak lama lagi dia akan datang dengan penuh kebahagiaan.

Langsung aja yoo shob



Puasa sunnah membuat kita terbiasa untuk menahan lapar dan haus loh shob! Kan sama-sama puasa yang beda Cuma hukumnya.

Puasa sunnah itu juga banyak macamnya shob! dari senin-kamis, daud, 3 hari di pertengah bulan pada tanggalan Hijriyah dan masih banyak lagi.

Memang agak susah untuk menjalankan yang namanya sunnah shob! Karna kita banyak menyepelekannya. Coba kita kalau mengingat betapa banyak pahala yang akan kita dapat ketika menjalankannya.

Kadang kita juga sulit bangun untuk mengerjakan sahur di malam yang sedang lelap-lelapnya.

untuk itu saya buat tips yang kedua.



Kamu, iyah kamu yang sukanya bergadang tapi subuh kesiangan.

Bangun malem memang nyebelin tapi kenapa tidur malem itu menjadi kebiasaan kita. kenapa kita bersikap dan mempunyai kebiasaan yang terbalik 180o dari kebiasaan junjungan kita (Rosulullah) yang tidur setelah isya’ dan bangun sepertiga malam.

Nah, sebaiknya untuk menyambut tamu istimewa itu kita harus membiasakan untuk bangun pagi dan mengerjakan sahur jika kita mau mengerjakan puasa sunnah. Jika tidak maka kita bisa membuat kegiatan yang lain seperti belajar atau menghafal Al-Qur’an yang menurut saya itu waktu yang bagus karna otak kita sedang seger-segernya.



Untuk itu saya akan memberikan tips agar bangun malam

Niat itu sangat penting dalam setiap mengerjakan sesuatu loh shob! sebelum kita terlelap dalam nikmat yang Alloh berikan kepada kita setidaknya kita berniat yang dalam untuk sahur dan meminta kepada Alloh untuk dibangunkan. insyaAlloh akan bangun

Sebelum tidur juga jangan lupa do’a yaa shob! bersyukur atas hari ini dan muhasabah diri sendiri untuk merubah hari esok yang lebih baik lagi. *aamiin


Hal ini juga ngak boleh kita sepelekan yee shob!. kadang kita juga lebih respect sama bunyi notificasi chat dari do’I dibandingin bangun untuk mematikan alarm di handphone atau jam beker yang sedang berdering.

Terkadang juga kita bangun memang mematikannya tapi malah tidur lagi. Maka dari itu saya kasih tips untuk pasang alam 5/10 menit sekali sebanyak mungkin. 

Contoh, yang pertama jam 03:30 kemudian jam 03:35, jam 03:40 dan seterusnya atau bisa juga nada alarm nya disamakan sama bunyi notif dari do’I shob! biar lebih efektif.


Jangan lupa juga untuk shobat yang berhasil mengalahkan kantuk yang sedang melanda biasakan setelah bangun untuk membaca do’a bangun tidur, bersegeralah berhanjak ke kamar mandi untuk buang sesuatu dan berwudhu dan sholat dua Raka’at . karna ketika kita tidur kita di ikat oleh syetan dengan tiga ikatan.

Bagaimana cara melepaskan ikatan-ikatan tersebut? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari)

Ets, saya hampir lupa nih yang terakhir.

Jangan lupa menyediakan makanan yang akan kita santapan sahurnya shob! biar tidak jadi dadakan atau alasan untuk tidak mengerjakannya.

untuk selebihnya kita maksimalkan kebaikan dalam diri kita kepada orang yang ada di sekitar kita, perbanyak amal sholeh agar menjadi kebiasaan dalam hidup kita sehari-hari.

Okek! Semoga bermanfaat dan jangan lupa tingalin kenang-kenangan nya 

21 comments:

  1. h-2 bulan.

    sudah sering pasang alarm jam 4, tapi susah banget buat bangun jam segitu.
    ending-endingnya ngepasin jam sholat subuh, setengah 5 ^^
    tapi boleh juga ini tipsnya dicoba bang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang.
      mudah-mudahan kita bisa di pertemukan yee..

      selamat mencoba

      Delete
  2. enaknya ada yang bangunin selain alarm..

    ReplyDelete
  3. wah sudah semakin dekat ya dengan bulan ramadhan tipsnya sangat bermanfaat, semoga kita sampai di bukan yang penuh berkah aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin dekat dengan bulan Ramadhan malah makin kangen, kalau sudah terbiasa bangun malam, untuk ibadah tentu tidak kesulitan lagi untuk sahur dan ibadah di bulan Ramadhan nanti

      Delete
  4. tetep aja bangunnya jam tujuh

    btw gapernah berhasil puasa sunnah, bahkan untuk puasa ganti utang. kantor ada di dalem restoran itu pagi-pagi bau makananannya uda bikin nyeesss, bau makanan gaberentiberenti :(
    kadang sedih karena berat badan makin medugong :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa di ganti yaa mba puasanya :)

      wah, saya juga bisa gemuk kali yee kalau ada kantor dalem restoran
      *mau banget gemuk

      Delete
  5. Bermanfaat sekali nih, Mas. Aku sampe sekarang bangung jam 3 pagi trus, meskipun gitu, aku tetp pasang alrm jam 3. Kadang pas banget bareng bangunnya, kadang aku duluan..hehe
    Balap-balapan sama alarm..hhe

    Semoga tetp istikomah ya, Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kadang bangun lebih duluan dari alarm kalau ada yang ngetok pintu dari luar padahal ngak ada siapa-siapa *efekMalemJum'at

      Delete
  6. Wih... May udah puasa yah.. cepet banget waktu berlalu :D
    Aku jadi inget dulu juga sering menyepelekan sunah. Soalnya aku pikir gak dikerjakan toh ga dosa.. *dasar pemalas emang :-/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, cepet banget waktu berlalu.
      *keep istiqomah yee mba.

      Delete
  7. Ups. Nohok banget. Aku shalat wajib aja masih menit terakhir. Tapi kayaknya perlu menambah amalan2 lain.

    ReplyDelete
  8. Kyaaaa thanks udah diingatkan ya Anak Abah
    membiasakan emang awalnya susah buat yang sunah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Wanti . .
      semoga kita bisa melakukannya

      Delete
  9. Alhamdulillah sejak ada istri, Romadhan ane menjadi lebih berwarna..
    Paling parah waktu dengan teman2 kost,, Kalau ga bangun satu, ga bangun semua..,
    Ga sahur semua, ga sholat subuh semua,, bangun2 seperti zombie kelaparan ga sahur,,
    Pasti seharian lemes,,

    Alhamdulillah sekrg indah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas.
      Alhamdulillah puasa tahun lalu saya sudah punya Istri _luar biasa_

      kalau kesiangan pas nge-kost mah sudah biasa ! :)

      Delete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.