isi halaman SENYUM NYOK!! - ANAK ABAH

SENYUM NYOK!!

Assalaamu’alaykum Warohmatullahi Wabarokaatuh
(cerita dikit)
sekitar 4-6 bulan yang lalu, aye sempet bertemu dengan seseorang yang bisa dibilang pendiam. Entah apa penyebabnya, entah apa yang salah dengan dirinya, (insyaAlloh ada pelajaran disini). Atau hanya pas ada aye aja jadi diem (PD KALI KAU INI). Tapi seiring waktu sikapnya bisa dilihat semakin jelas. Dan disinilah inti dari pelajaran kita kali ini. “psychology is my hobby”

Awalnya memang canggung salam dan sapa kepada orang yang belum pernah kita kenal apalagi senyum padanya (takut disangka apa) “SOK KENAL, SOK AKRAB, MURAHAN” tapi kalau kita tidak mulai dari awal, kita akan canggung pada seseorang itu selama-lamanya hingga kita berani menyapanya lebih dulu dan jangan nunggu disapa duluan (karna itu yang membuat aye menyesal sampe sekarang). Jika kita sudah menyapa ditambah dengan salam (Assalamu’alaykum) tambah senyum “beddekh mantap” aye yakin dia akan merubah sikapnya dengan anda kecuali memang sisi pandangnya berbeda dari kita (habislah kau). Dan jangan malu mengucapkan salam lebih dahulu karena dia akan lebih malu ketika tidak menjawab salam dari kita.

Tapi dari cerita diatas bukanlah aye yang melakukan 3s (senyum,salam dan sapa) itu tapi beliau si pendiam (jadi siapa yang salah) “HeHeHe” (i’m sorry) yang lebih herannya kenapa aye masih kage berani sama beliau yah?? Sudah lupakan (this is my problem, so don’t follow my attitude) tapi insyaAlloh aye beraniin dah..!!

okeh, back to conten . . .
Sesulit apa sih kita melakukan perbuatan yang ringan ini, padahal jika kita mengetahui tentang ganjaran/balasan nya, pasti kita tidak akan meninggalkan perbuatan yang it’s very simple and a big give from Above (Alloh is my God) inget (don’t follow me). Bahkan ketika kita melakukannya kita juga akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa besarnya.

Kalau mau tau manfaatnya “JUST TRY AND YOU CAN SEE A BENEFIT” (hanya saran aja biar kaga penasaran).
Didalam Al-Qur’an Alloh berfirman bahwa salam adalah ucapan pada Ahlu surga, ucapan yang sangat mulia, ucapan yang diucapkan ditempat yang paling didamba-dambakan oleh semua orang (Subhaanalloh).

“Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa (25) akan tetapi mereka mendengar ucapan salam” (26) (Al-Waqi’ah [25-26])

“Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam surga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezekinya di surga itu tiap-tiap pagi dan petang” (Maryam : 62)

(Subhanalloh, Walhamdulillah Walaailaaha ilaaha illallooh)
Satu kata yang penuh makna, satu kata yang sangat mulia, satu kata yang bisa merubah sifat manusia dan satu kata yang bisa membuat kita menjadi ahlu syurga (Aamiin yaa Robb). Dan yang telah di sabdakan oleh Rosulullah tentang senyum kepada sudara kita yang disandarkan dengan shodaqoh (pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi). Sedekah ini juga sangat besar manfaatnya (cari tau aja sendiri di hudacendikia.org).

“senyum manismu dihadapan saudaramuadalah shodaqoh”. (HR. At-Tirmidzi)

Kenapa disandarkan dengan sedekah yah ??

Karena setiap orang memiliki keterbatasan entah dari segimana (Wallohu a’lam) tapi kemungkinan besar seseorang tidak mampu untuk menunaikan Sodaqoh yang luar biasa pahalanya, akan tetapi alloh sangatlah mempermudah semua hamba-hambanya untuk menunaikan perintahnya. Dan senyum adalah jalan pintas bagi orang-orang yang belum mampu untuk bersedekah. tapi jangan berfikir kalau kita sudah sering dan suka bersedekah tidak harus memberikan senyuman kita kepada orang lain yang kita kenal maupun yang kita tidak kenal. Dan alangkah indahnya ketika kita bisa berbuat kedua amalan yang sangat luar biasa ini.


Dan yang terakhir, kita juga harus lebih teliti kepada siapa kita ucapkan satu kalimat yang super dan dasyat. Memang kita di haruskan untuk mengucapkan salam kepada siapa yang kita kenal maupun yang tidak kita kenal. tapi alloh telah berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamwu mengatakan kepada orang yang mengucapkan "salam" kepadamu: "Kamu bukan seorang mukmin" (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (An-nisa : 94)

Mudah-mudahan dengan kita mengetahui kenapa kita harus melakukan 3s ini kita dapat mengerjakannya tanpa ragu dan sungkan karna keutamaan dan manfaatnya yang luar bisa. Dan memohonlah kepada Alloh untuk mempermudah semua urusan hati.

“ROBBY-ISYROHLY SHODRY WAYASSIRLY ‘AMRY WAHLUL-UQDATAMMILLISAANY YAFQOHHUU QOWLY”


And for  My inspiration (uncommunictive) succes for you,  Assalamu’alaykum to you and i hope, i can meet you again (uhibbuka fillah).
And to my visitor don’t forget give a comment or something other to we are beloved blog.
Walloohua’alam
Succes for you  together and Wassalaamu’alaykum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

3 comments:

  1. Kayaknya gue tahu siapa orangnya wekaweka ..
    _______________________________
    di tempat gue ada satpam yang suka marah gara-gara gue jarang ngucapin salam kedia.
    lah dianya aja pas ketemu gue ga pernah ngucapin salam..
    terus gue harus apa ? levitasi ?

    ReplyDelete
  2. memulai lebih dulu itu lebih baik gan, dari pada lw nyesel kaga pernah salam (dan dia kaga tau lw siapa) nnti nyesel sendiri lw gan !!

    ReplyDelete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.