isi halaman SHALAT RAWATIB - ANAK ABAH

SHALAT RAWATIB

Assalaamu’alaykum 
sobat blog  yang dirahmati oleh Alloh

Pada kesempatan yang super singkat kali ini, kita akan membahas tentang Sunnah Rosulullah yang sangat sering kita lewatkan. Sunnah yang dapat menambah pahala kita, sunnah yang dapat menjadikan kita sebagai orang yang ta’at kepada Alloh dan Rosul-Nya. Dan untuk kali ini kita akan membahas tentang sholat rawatib. solat rawatib adalah sholat yang mengiringi solat lima waktu, sholat rawatib yang dilakukan sebelum sholat lima waktu itu disebut sholat qobliyah sedangkan sholat yang dilakukan setelah sholat lima waktu kita sebut dengan ba’diyah.
Adapun tujuannya di syari’atkan sholat sunnah qobliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan sholat wajib, kenapa harus di persiapakan ? karna sebelumnya jiwa telah di sibukkan oleh urusan duniawi agar jiwa tidak lalai dan juga siap untuk melaksanakan sholat wajib. Sedangkan sholat sunnah ba’diyah adalah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekuranggan pada sholat wajib yang baru saja lakukan.
Berikut adalah beberapa keutamaan yang dapat kita raih dengan sholat rawatib :
1.       Sebaik-baiknya amalan adalah sholat.
2.       Akan meninggikan seseorang di surga karena banyaknya sholat tatowwu’ atau sholat sunnah yang dilakukan. Seperti sabda Rosulullah : hendaknya engkau memperbanyak sujud kepada Alloh, karena tidaklah engkau sujud kepada-Nya dengan sekali sujud melainkan Alloh akan meninggikan satu derajat dan menghapuskan satu kesalahan.
3.        Menutup kekurangan dalam sholat wajib.
4.       jika kita rajin mengerjakan sholat rawatib 12 roka’at tiap harinya maka akan dibangunkan rumah di surga.
Adapun sholat rawatib yang 12 raka’at itu adalah :
a.      4 raka’at sebelum zuhur
b.      2 raka’at sesudah zurur
c.      2 raka’at sesudah maghrib
d.      2 raka’at  sesudah isya’
e.    2 raka’at sebelum subuh ( yang keutamaannya lebih baik dari dunia dan seisinya)
Sampai sini aje yah sobat, Semoga dengan kita mengetahui keutamaan pada sholat rawatib ini kita tidak lagi melalaikannya karna faidah yang sangatlah besar.   

No comments

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.